top of page

5 Manfaat Tidur Posisi Menghadap Ke Kanan


Setelah seharian beraktivitas, Genggers tentunya akan dengan senang hati mengistirahatkan tubuh di “pulau kapuk”. Berhubungan dengan kasur dan tidur, ternyata posisi tidur memiliki manfaatnya terutama apabila Genggers suka memilih posisi tidur menghadap ke kanan. Tapi tahukah Genggers ternyata posisi tidur menghadap ke kanan memiliki manfaat untuk tubuh kamu, berikut manfaat-manfaat apabila Genggers memilih posisi tidur yang dilansir dari doktersehat.com:

1. Mengurangi beban jantung

Posisi tidur menghadap ke kanan akan membuat darah terdistribusi secara merata dan terkonsentrasi ke tubuh bagian kanan sehingga hal ini membuat aliran darah yang masuk dan keluar jantung jadi lebih melambat dan tekanan darah akan menurun. Selain itu dengan posisi tidur ini membuat jantung tidak tertimpa dengan organ lainnya karena posisi jantung lebih condong kesebelah kiri.

2. Mengistirahatkan otak kiri

Genggers seorang yang menggunakan tubuh bagian kanan? Tidur dengan posisi tubuh ini mengistirahatkan otak bagian kiri karena otak kiri mempersarafi organ tubuh kanan, dengan tidur miring ke kanan maka otak kiri yang mengatur saraf bagian kanan tubuh akan beristirahat. Hal ini dapat menghindari dari bahaya yang timbul seperti pengendapan pembekuan darah lemak, asam sisa oksidasi dan penyempitan buluh darah.

3. Mengistirahatkan lambung

Apabila Genggers tidur dengan posisi miring ke kiri dapat menyebabkan chime (makanan yang dicerna dilambung yang bercampur asam lambung) akan terganggu dan akan memperlambat pengosongan lambung. Hal ini akan membuat asam lambung naik.

4. Meningkatkan waktu penyerapan gizi

Saat tidur akan terjadi pergerakan usus yang meningkat. Dengan posisi tidur miring ke kanan akan membuat perjalanan makanan yang tercerna lebih lama sehingga penyerapan sari makanan lebih optimal.

5.

Menjaga sistem pernafasan lebih lancar

Saat Genggers tidur, lidah bisa jatuh kebelakang hampir mendekati tenggorokan sehingga proses pernafasan terhambat. Hal ini kerap terjadi bagi yang biasanya tidur telentang dan dengkuran pun terjadi karena hal ini. Dengan tidur menghadap ke kanan, kesulitan dalam bernafas akan dapat dicegah.

bottom of page